Pencarian

Loading...

17 July 2013

Cara Kompres dan Ekstrak File dengan B1 Free Archiver

4 comments
Ketika berbicara tentang kompresi files, ada banyak pilihan software yang bisa digunakan baik yang gratis maupun yang harus dibeli. Di antara sekian banyak itu yang paling populer adalah 7-Zip, WinZip dan Winrar. Selama ini 7-Zip diandalkan sebagai software kompresi gratis yang terbaik, sedangkan WinZip dan WinRar merupakan software berbayar. Ketiga software tersebut sudah cukup lama hadir sebagai media bantu kompresi file. Salah satu software kompresi alternatif yang terbaru adalah B1 Free Archiver.

Aplikasi ini gratis digunakan untuk kepentingan personal maupun bisnis. Instalasinya sangat mudah, hanya sekali klik dan tidak menyertakan adware, iklan, maupun aplikasi tambahan lainnya dari pihak ketiga (clean install). B1 Free Archiver juga tersedia untuk berbagai pralform sistem operasi (Windows, Max, Linux) dan juga Android.

Tampilan B1 Free Archiver
Tampilan B1 Free Archiver
Cara Kompres File dengan B1 Free Archiver
Seperti kebanyakan software kompresi lainnya, setelah diinstall B1 Free Archiver juga memberikan pilihan kompres dan ekstrak file pada context menu. Kompres file bisa dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan B1 Free Archiver. Pertama, klik kanan pada file atau folder yang akan dikompress kemudian pilih Create archive.

Kompres File dengan B1 Free Archiver
Selanjutnya dengan sekali klik file/folder sudah terkompres. Otomatis file hasil kompress akan tersimpan dengan nama dan tempat yang sama dengan file/folder asalnya. B1 Free Archiver sudah menyediakan setting yang umum digunakan banyak orang, sehingga mempermudah pengguna yang belum terbiasa dengan kompres file. Format file hasil kompres yang disediakan adalh B1 dan Zip.

Kompres File dengan B1 Free Archiver

Cara Ekstrak File dengan B1 Free Archiver
Ekstrak file terkompres dengan B1 Free Archiver juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui Context menu. Tinggal klik kanan pada file kompresi, kemudian memilih Extract here untuk menempatkan file hasil ekstrak di lokasi yang sama, atau Extract to, jika ingin menempatkan file hasil ekstrak di tempat yang berbeda dengan file asalnya. Untuk ekstrak file, B1 Free Archiver  mendukung banyak format populer seperti RAR, ZIP, 7z, GZIP, TAR, TAZ, ISO, Zipx, ARJ, DEB, LHZ dan LHA
Ekstrak file dengan B1 Free Archiver

Kelebihan 
Tampilan user friendly, seperti explorer pada Windows sehingga mempermudah navigasi dan browsing file. Instalasinya mudah dan tidak disertai adware dan program tambahan dari pihak ketiga. B1 Free Archiver bisa melakukan kompres dan ekstrak file dengan waktu yang relatif lebih cepat dibanding software sejenisnya.

Kekurangan
Ukuran file lumayan besar (20,5 MB) dibandingkan dengan software gratis sejenisnya, misalnya 7-Zip yang hanya 1,08 MB. B1 Free Archiver tidak menyediakan fasilitas self extractor, sehingga model ekstrak tidak bisa dikustomisasi.

Comment using:
or

4 comments:

  1. Wah, terimakasih banyak mas ... :D ijin tak pelajari dulu yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mas, kalau ada yang salah silakan dikoreksi, :)

      Delete
  2. Mantap gan. Bisa belajar dan tahu ni...
    Thanks ya..

    ReplyDelete